Oleh: sumarsih07 | Agustus 30, 2010

Pelatihan Jamur Tiram Jarak Jauh

Teknologi Informasi yang semakin berkembang semakin memudahkan kita untuk berkomunikasi. Tidak ada lagi kendala jarak untuk belajar sesuatu dari sumbernya langsung. Untuk itu kami mengadakan model pelatihan jarak jauh jamur Tiram. Ini untuk melayani orang yang ingin berlatih membudidayakan atau membuat bibit jamur konsumsi tetapi terkendala lokasi tempat tinggalnya yang jauh dari narasumber. Caranya sangat mudah, saudara tinggal mengontak kami melalui blog ini atau email ke Sumarsih_03@yahoo.com kemudian kami melayani saudara semua tanpa dibatasi waktu dan tempat.

Cover Buku

Buku Pembibitan Jamur Tiram dilengkapi VCD

Buku ini digunakan sebagai materi pelatihan jarak jauh. Bisa anda dapatkan di toko-toko buku, atau hubungi penerbit PT Penebar Swadaya Jakarta, bag pemasaran Niaga Swadaya Jakarta telp. 021 4204402, 021 4255354. Untuk melihat harga buku atau membeli secara online silahkan klik gambar cover buku disamping kiri ini.

Kami tunjukkan sebagai contoh yang sudah berhasil setelah mengikuti pelatihan jarak jauh:

Kumbung Jamur Mini Hasil Pelatihan Jarak Jauh

Sdr. Sutrisno dari Ngawi Ja-Tim, di Kumbung Jamur Mini hasil pelatihan jarak jauh

Image di bawah ini diambil dari dalam kumbung mini salah satu peserta pelatihan jarak jauh
(Sdr. Sutrisno) & image jamur tiram serta log ini bikinan peserta tersebut (Sdr.Sutrisno) yg telah dipelajari lewat program bimbingan jarak jauh. Cuplikan tanya jawab pelatih dengan peserta (Sdr Sutrisno) ini dapat anda baca di bawah ini sebagai contoh bagaimana peserta mengikuti pelatihan jamur jarak jauh hingga berhasil

Badan Buah Jamur yang ditanam Sutrisno setelah mengikuti pelatihan jarak jauh

Badan buah Jamur yang ditanam sdr. Sutrisno setelah mengikuti pelatihan jarak jauh

Ini gambar pertumbuhan jamur dari baglog buatan Sdr Sutrisno yang diberi bibit oleh Sdr Sutrisno sendiri saat praktek pelatihan jarak jauh.  Hasilnya satu baglog bisa tumbuh langsung 2 rumpun dengan berat per rumpun jamur 1-2 ons. Dari pengalaman pelatih, setelah itu dengan pemeliharaan yang baik, dari baglog yang sama masih bisa tumbuh lagi rumpun-rumpun jamur Tiram berikutnya. Agar saudara semua mempunyai gambaran proses pelatihan jarak jauh, berikut bisa dibaca tanya jawab antara peserta pelatihan jarak jauh dengan pelatih:

— Pada Sel, 25/5/10, Sutrisno  menulis:
Dari: Sutrisno
Judul: Kpd yth bu sri sumarsih.
Kepada: sumarsih_03@yahoo.com
Tanggal: Selasa, 25 Mei, 2010, 7:58 PM

Saya pak sutris di ngawi mau menanyakan,apakah saya bisa membeli bibit jamur tiram kalo bisa bagaimana caranya. Di tempat saya bnyak serbuk gergajian kayu mahoni tapi sudah tercampur dengan serbuk kayu jati dengan perbandingan kira” 1: 1 apakah bisa dijadikan media tanam[baglog] jamur tiram. Saya telah mengikuti pelatihan jamur jamur jarak jauh. Mohon penjelasan matur suwun.

-original message-
Subject: Bls: Kpd yth bu sri sumarsih.
From: sri sumarsih <sumarsih_03@yahoo.com>
Date: 28/05/2010 18:59

Ya bagaimana kabarnya pak? kalo mau beli bibit jamur hubungi saja staf kami Ridwan, pesan aja bibitnya mau seberapa. gergajian kayu tersebut bisa digunakan tetapi diberi dedak yang lebih banyak biar makanan untuk pertumbuhan jamurnya cukup. terutama karena kayu jati adalah kayu keras yang banyak mengandung lignin dan kandungan selulosanya rendah sehingga perlu ditambah selulosa dari dedak atau bisa juga ditambah jerami kering dicacah atau daun-daun kering dicacah juga. Selamat mencoba. Salam.

— Pada Ming, 6/6/10, Sutrisno menulis:
Dari: Sutrisno
Judul: RE: Bls: Kpd yth bu sri sumarsih.
Kepada: “sri sumarsih” <sumarsih_03@yahoo.com>
Tanggal: Minggu, 6 Juni, 2010, 1:03 AM

Maaf bu sri,saya mau nanya kalau mau beli bibit jamur tiram yang sudah siap tanam 10botol + biaya pengiriman kira”berapa ya. Mohon penjelasan,Matur suwun.

Dari: Sri Sumarsih
Bapak apa sudah menghubungi staf kami Ridwan lewat HPnya? tentang teknis pembelian bibit dan pengiriman termasuk biayanya kami serahkan pada staf kami. Apakah ada kesulitan dalam menghubungi staf kami? Salam

— Pada Ming, 13/6/10, Sutrisno  menulis:
Judul: kpd bu sri sumarsih.
Kepada: “Bu Sri sumarsih”
Tanggal: Minggu, 13 Juni, 2010, 5:23 PM

Selamat pagi bu. Saya pak sutris dari ngawi. Saya mau tanya bu, apa sebab didalam media tumbuh miselium berwarna kehitaman dan miseliumnya cepat menyebar,sedangkan yang normal baru tampak diatas sebagian(seperti gambar). Media baglog saya baru berumur 1 minggu. Mohon penjelasan ya bu sri. Matur suwun.

——Original Message——
Subyek: Bls: kpd bu sri sumarsih.
Untuk:  Sdr Sutrisno

Tanggal: Jun 15 2010

itu namanya kontaminasi. artinya ada pertumbuhan jamur lain yg tidak kita kehendaki. Kontaminasi disebabkan beberapa hal:
1. Media kurang steril, harus dicek suhu dan tekanan (tempat sterilisasi bisa dipasangi manometer dan lama sterilisasi disesuaikan volume tempatnya, semakin besar semakin lama sterilisasinya.
2. Tangan, alat dan tempat harus steril, untuk memindah bibit alat harus diberi alkohol dan dibakar dulu baru digunakan. Tempat jangan di tempat terbuka, saat pemberian bibit pintu dan jendela ditutup untuk meminimalisir aliran udara, kalo buatnya banyak harus disediakan ruang digunakan khusus untuk pemberian bibit. kalo buatnya dikit bisa pakai kotak kaca atau enkas (lihat gambar di buku). Untuk mengurangi kontak dengan udara, baiknya bibit dikocok dengan alat steril, kemudian bibit dituang dari mulut botol bibit ke mulut cincin, setelah diberi bibit segera tutup dengan kapas. Tangan kita sebelum memindah bibit cuci tangan kemudian tangan disemprot dengan sedikit alkohol 75% dan keringkan sebentar.
Baglog yang telah terkontaminasi segera dipisahkan dengan yang murni tdk terkontaminasi, kemudian biar kontaminasi tdk menyebar, baglog yg kontaminasi tsb dikomposkan dengan membuat lobang dalam tanah, isi baglog masukkan ke lobang, plastiknya dibakar, kemudian lobang ditutup tanah.
Semoga berhasil

— Pada Jum, 6/8/10,Sutrisno menulis:
Dari: Sutrisno
Judul: Re: Bls: kpd bu sri sumarsih.
Kepada: sumarsih_03@yahoo.com
Tanggal: Jumat, 6 Agustus, 2010, 3:41 PM

Assalamualaikum bu sri,alhamdulilah bu saya sudah bisa memetik jamur tiram yg saya tanam walaupun hasilnya belum maksimal. Saya mau tanya bu bisakah jerami padi yg sudah busuk tapi sudah kering disawah selama 1 musim dipakai untuk media tanam,mohon penjelasan matursuwun. Wassalam.

——Original Message——
Dari: sumarsih_03@yahoo.com
Subyek: Re: Bls: kpd bu sri sumarsih.
Untuk: Sdr Sutrisno
Tanggal: Agu 08 2010

alhamdulillah, saya ikut senang juga. Jerami yang baik digunakan untuk media jamur Tiram adalah jerami padi setelah panen langsung dikeringkan. Kalau yang sudah mengalami pembusukan sebagian (sudah rapuh) bisa untuk jamur lain seperti jamur merang atau jamur kancing (champignon) atau jamur portabella, selamat mencoba. Salam
— Pada Ming, 15/8/10, Sutrisno menulis:
Dari: Sutrisno
Judul: Re: Re: Bls: kpd bu sri sumarsih.
Kepada: sumarsih_03@yahoo.com
Tanggal: Minggu, 15 Agustus, 2010, 11:04 PM

Assalamualaikum, saya pak sutris dari ngawi bu. Mohon penjelasan bu 1. Dlm pembuatan kultur ada istilah{air steril} itu apa maksudnya: apakah air hasil penyulingan,atau air mineral yg dijual dlm kemasan. Matur suwun bu sri.
Wassalam.

Pada tanggal 16/08/10, sri sumarsih <sumarsih_03@yahoo.com> menulis:
Air steril dibuat dari aquadest atau air suling (bisa beli di toko bahankimia). Air biasanya dimasukkan di tabung reaksi tahan panas ditutup kapas dan disterilisasi menggunakan autoklaf suhu 121 derajat Celcius selama 30 menit. Bolehkah pengalaman bapak ini saya publikasi untuk contoh bagaimana bapak mengikuti pelatihan jarak jauh? kalau setuju mohon foto bapak dan foto jamur yang dihasilkan baglog dikirim ke saya ya pak, dan yang sudah berhasil nantinya bisa saling berbagi pengalaman bagaimana budidaya jamur dari nol. Terimakasih pak Sutris.
Salam

— Pada Rab, 18/8/10, Sutrisno menulis:
Dari: Sutrisno
Judul: Re: Re: Bls: kpd bu sri sumarsih.
Kepada: “sri sumarsih” <sumarsih_03@yahoo.com>
Tanggal: Rabu, 18 Agustus, 2010, 10:51 PM

Asalamualaikum bu, image ini diambil dari dalam kumbung mini saya& image jamur tiram serta log ini bikinan saya yg saya pelajari lewat program bimbingan jarak jauh, trimakasih bu. Karena peralatan yg saya pakai masih dibawah standar,maka sekarang saya baru punya sekitar 400 baglog & akan terus saya tambah. Pertamakali saya metik jamur,1l0 g dng 2 sayatan menghasilkan 2 rumpun jamur dengan berat 1 sampe 2 ons/rumpun. Matur suwun. Wasalam.

Dari: sri sumarsih
Terimakasih pak, selamat membudidayakan jamur, semoga usaha jamur bapak sukses selalu, amiin

Salam


Responses

  1. bu bolehkah say berkunjung ketempat pelatihan ibu mengenai jamur

    • @mridwan, boleh saja silahkan…………….

  2. Assalamu ‘alaikum ibu
    saya minta infonya sama pelatihan jarak jauhnya
    kalau boleh tanya…
    1. dimana kita dapat mendapatkan bibitnya?
    2. apakah diperlukan tenaga ahli dalam membuat bibit dan memproduksinya?
    3. apakah membutuhkan alat2 khusus dalam produksinya?
    4. untuk pemasarannya adakah nomer register (seperti bp pom atau SNInya)
    oh iya ibu bisa mengirimkannya jawabannya ke akbar_wicaksana@yahoo.co.id
    terimakasih ibu : D
    Wassalamu ‘alaikum wr. wb.
    Akbar Wicaksana

    • @Akbar, saya bisa menjelaskan semua itu setelah saudara email ke saya dulu

  3. saya mau membeli bibit jamurnya bagai mana caranya? dan tempat saya agak jauh tepatnya di Aceh singkil Apa bisa?

    • @ Tommy, utk bibit bisa hubungi staf kami

      • @Indah, tugas kelompok seperti yang saya tulis di tayangan ppt di hal akhir. kalao bahannya mau lihat materi lain termasuk dari pustaka lain ok saja, yang penting bisa mengerjakan tugas itu

      • Ibu Sumiarsih saya baru mau belajar tanam jamur tiram, trus kalau saya mau pesen baglog caranya gimana ya..? berapa harganya…?

      • @Anton, kalau mau beli baglog dalam jml besar hubungi saja pengusaha baglog binaan saya yang sdh bersertifikat, di no 02743048648, 085868622341, atau 085878115564, bilang saja rekomendasi dari Bu Asih UPN, karena biasanya antri dulu

  4. Salam Bu Sumarsih07,

    Sy sdh membaca semua ulasan diatas dan sangat tertarik membudidayakan jamur tiram dgn sistem pelatihan jarak jauh. Tapi klo memungkinkan saya juga sgt berminat utk pelatihan langsung.

    Mohon informasi dan petunjuknya lebih lanjut.

    email saya : sammy2roger@yahoo.com

    TerimaKasih.

    • Pelatihan langsung kemungkinan bulan Desember-Januari. Mau ambil yang model pelatihan seperti apa, silahkan email ke saya

      • Ibu sy sdh email ke “sumarsih_03@yahoo.com”
        Mohon informasi dan bimbingannya lebih lanjut.
        Terima Kasih

  5. bu, apakah ibu buka pelatihan jamur tiram,…n boleh minta nomor hp dan alamatmya. trimakasih

  6. Yang di maksud Arang Aktif itu apa ya Buk?
    Terima kasih sebelumya.

    • @Kaban, arang yang sdh diaktifkan dengan senyawa tertentu, kalau di toko bahan kimia bisa beli jadi

  7. saya mau tanya, buku panduan tersebut apa tersedia di gramedia?

    mohon jawabannya.
    alamat e-mail saya: fransiskus.poetoet@gmail.com

    • @poetoet, buku tersebut ada di toko buku gramedia di kota anda

  8. saya agung dr mojokerto…
    salam hormat …
    saya mau tanya kemarin saya kan beli buku UNTUNG BESAR USAHA BIBIT JAMUR…
    yang mau saya tanyakan apakah gips untuk tanam jamur sama dengan gips untuk plafon rumah..
    mohon untuk sedianya menjawab..
    terima kasih

  9. saya agung dr mojokerto…
    salam hormat …
    saya mau tanya kemarin saya kan beli buku UNTUNG BESAR USAHA BIBIT JAMUR…
    yang mau saya tanyakan apakah gips untuk tanam jamur sama dengan gips untuk plafon rumah..
    mohon untuk sedianya menjawab..
    terima kasih

    • @Rengga, rumus kimianya CaSO4,bedanya yang utk plafon sudah dicampur beberapa bahan lain, kalo bubuk asli yang belum dicampur ok

      • ditoko apa ya bu yang biasanya menjual CaSO4 itu…

      • @rangga, di toko pertanian, toko bahan kimia tp bilang bahan teknis ya, atau toko yang menyediakan bahan gips utk rumah sakit

  10. Salam Kenal Ibu,
    Ada bbrp hal yng ingin saya tanyakan :
    1. Sy petani jmr trm belalar otodidak +/- 3 Thn dgn cr baca komentar2 di Internet dan baca buku, belakangan ini sy mengalami hal2 yg aneh yaitu miselium yg kond sdh 3/4 bagian tiba2 hilang jd coklat lagi…kira2 apa penyebabnya Bu ?
    2. Untuk pelatihan jarak jauh pola pelatihannya bagaimana dan biaya pelatihannya berapa ?
    Terima kasih

    • @Nugroho, jawaban bisa dibaca di buku saya, utk pelatihan sdr email dulu ke saya, akan sy kirim ketentuan dsb

  11. saya ingin mendapatkan pelatihan jarak jauh, bagaimana caranya dan berapa biayanya,
    kalau pesan polybag jamur tiram berapa harganya, dimana saya hubungi dan adakah ongkos kirim lokasi saya dilamongan

    • @nurul, jawaban sudah sy kirim lewat email

  12. Pagi bu, saya mau mengikuti pelatihan budidaya jamur gimana caranya? trim

    • @ghamal, seperti petunjuk saya, sdr kirim email ke saya, nanti akan saya balas dengan ketentuannya secara panjang lebar, terimakasih kepercayaannya

  13. saya di Banyuwangi, Jawa-Timur. Mohon informasinya untuk belajar budidaya jamur dari jarak jauh. Trims.

    • @lukman, kalomau penjelasan detil silahkan email ke saya, nanti saya kirim balik ketentuan pelatihannya

  14. asalm’alkm
    bu tlg ksh tw bgmn cra pelatihan jarak jauh dan biayanya brp.mksh

    • @indra, info pelatihan jarak jauh sudah saya kirim lewat email sdr.

  15. ass,,,,bu sumarsih_03@yahoo.com saya mau tanya klo mau kursus budidaya jamur tempatnya dmana dan biaya na berapah sebelum na thank u atas info na aku tunggu info selanjut na

    • @widodo, email aja ke saya nanti saya kirim balik ketentuan beberapa macam pelatihan secara detail. Atau buka artikel pelatihan jamur konsumsi di blog ini, disitu ada brosur pelatihan jamur khusus utk pemula.

  16. Bismillah.
    Kami mengucapkan banyak trimakasih atas rekomendasinya ke mitra2.

    • @Bachrudin, mudah2an usahanya lancar, amiin

  17. pelatihan untuk jamur kuping kok jarang ada ya bu? Apakah cara budidaya dan pembibitannya sama dg jamur tiram?

    • @Anto, Kami juga bisa melatih budidaya jamur Kuping, ketentuannya sudah saya balas melalui email sdr

  18. bagaimana persyaratannya untuk dapat menjadi petani binaan ibu terutama untuk jamur kuping? Terimakasih.

  19. aslamualkm bu asih, saya udah infokan alamat saya di email ibu, mhon penjelasannya lagi, trims

    • @isdiarto, penjelasannya sudah saya balas melalui email, terimakasih

  20. Saya p. nur dari semarang, Mohon informasi tentang pelatihan budidaya jamur tiram jarak jauh, terima kasih

    • @P.Nur, info pelatihan jarak jauh secara lengkap sdh sy balas melalui email, silahkan baca dr email sdr.

  21. Saya pemain baru di budi daya jamur, numpang nyimak artikel ibu, saya sudah beli buku ibu, terima kasih infonya dan salam kenal🙂

    • @pakuhaji, salam kenal juga, apabila ada yang perlu dibantu dari segi teknologi bisa hubungi kami

  22. Yang terhormat bu sumarsih07,

    Sudah lama saya ingin membudidaya Jamur tiram, mengingat saya dan keluarga sgt menyukainya, bahkan didaerah saya belum ada budidaya jamur tiram. karenanya sangat saya harapkan kepada ibu untuk memberikan pelatihan baik langsung maupun tidak langsung.

    Hormat saya,
    teuku.jaswadi@yahoo.com

    • @Teuku Jaswadi, Apabila menginginkan pelatihan silahkan saja mendaftar ke kami melalui email, selamat mencoba

  23. Kami pemain baru dibidang jamur ini bu mohon bimbingan dan pendcerahan apabila suatu saat nemui kendala….terimakasih ….

    • Silahkan mencoba budidaya jamur, apabila menemui kendala bisa berkonsultasi

  24. bu, mohon informasi kalo ada pelatihan jamur dalam waktu dekat, saya berasal dijogja.

    • @Suhaeri, silahkan datang ke kampus UPN “Veteran” Yogyakarta atau email

  25. Bu, Kapan ada pelatihan jamur tiram di Jogja?

    • @Djai Widodo, kalau mau ikut pelatihan silahkan email ya

  26. Saya tertarik utk memulai bisnis Jamur Tiram Putih..
    Dimana saya bisa mendapatkan buku Pelatihan menanam jamur ibu Sumarsih itu..?
    Domisili saya ada d Tanjung Pinang Sumatra..

    tolong di infokan ke Email saya hata_mbah66@yahoo.com

    Mohon bantuan email nya.. Terimakasih… Wassalam..

    • @Hata, sdh sy balas melalui email sdr

  27. Assalam alaikum, Bu.
    Setelah mempelajari Buku ibu tersebut dan ditunjang menyimak VCD nya, kami merasa sangat bersyukur dan berterima kasih tak terhingga.
    Rasanya walau baru belajar dari buku tersebut dan melihat video tutorialnya, saya sudah merasa mantap untuk segera mengaplikasikannya, Bu.
    Namun ada yang masih sedikit mengganjal mengenai video tutorialnya, bu. Yang mana disitu sebagian memperlihatkan peralatan kerjanya dalam taraf UKM, bukan peralatan taraf pemula. Jadi bagi kami agak kesulitan untuk mencari peralatan pengganti (yang lebih sederhana) yang sesuai dengan kapasitas kami yang pemula ini.
    Oh ya, selain buku dari Ibu tersebut, saya pun juga berusaha menambah pengetahuan dengan buku-buku dari pengarang lainnya. Namun tentu saja bagi saya pribadi, buku yang dari ibu tersebut yang saya jadikan referensi utama.
    Demikian yang bisa saya sampaikan pada ibu, ada kurang atau lebihnya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

    Wassalam alaikum
    Dofar

    • @Dofar, peralatan yg lbh sederhana utk pemula sdh dijelaskan di buku tersebut, mhn dibaca dg cermat, bahkan untuk skala kecil bisa dimodifikasi menggunakan alat rumah tangga

  28. Assalamu’alaikum

    kl kita mau mensterilkan kumbung jamur sebelum dimasukkan baglog pk desinfektan apa ya? dosisnya juga berapa?
    mohon pencerahannya

    wassalamu’alaikum

    • @Muhammad sigit, sdr bisa baca dg detail macam disinfektan, cara penggunaan, dan dosisnya di buku saya Untung besar usaha bibit jamur tiram terbitan PT Penebar Swadaya Jakarta, buku bs sdr dapatkan di toko2 buku. Selamat membaca

      • bukunya kosong, tdk ada bu….. aq di jogja.. apa sekarang emang stoknya habis

      • @Sigit, di Yogya, apa sdh dicek ke toko buku Gramedia atau Togamas atau ke Rumah makan Jejamuran? karena setahu saya penerbit PT Penebar Swadaya Jakarta baru saja cetak ulang buku saya tersebut, atau bisa hubungi telp bagian pemasaran penerbit tsb, lihat no telp nya di blog saya ini. Selamat mencoba

  29. selamat siang,,,apakah ibu menyediakan CD tutorial budidaya jamur merang dan brp harganya,,terimakasih

    • cd yg ada utk jamur tiram. bisa dibeli bersama buku saya di toko buku seperti gramedia dll


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: