Oleh: sumarsih07 | September 6, 2009

Bioremediasi Tanah dan Air

Bakteri pendegradasi minyak bumi

Bakteri pendegradasi minyak bumi

Bioremediasi prinsipnya adalah membersihkan dari bahan pencemar dengan memanfaatkan kemampuan organisme atau menggunakan agen biologis. Di masa sekarang banyak industri berkembang, seperti pabrik-pabrik maupun eksplorasi tambang mineral maupun minyak bumi. Industri tersebut menghasilkan produk-produk yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan manusia, tetapi juga menghasilkan limbah yang sering mencemari lingkungan. Di alam telah disediakan oleh Sang Pencipta berupa berbagai macam organisme mulai dari bakteri sampai tumbuhan dan hewan. Organisme ini mempunyai kemampuan mengurai, menyerap, maupun merubah berbagai senyawa sehingga dapat digunakan untuk membersihkan lingkungan itu sendiri. Untuk mempelajarinya lebih lanjut silahkan download beberapa materi berikut:

1. soil-bioremediation

2. new soil bioremediation

3. Bioremediasi Logam Berat

4.  aquatic-plant

5. phytoremediation

6. phytoremediation-efficiency


Responses

  1. sebentar lagi saya mau penelitian nih tentang bioremediasi.. saya mau ambil bioremediasi minyak bumi.. gimana ya biar saya dapat gambaranya??
    bisa lebih jelas lagi ga ya..

    • dik Ikha mahasiswa mana?, saya sudah sering membimbing mahasiswa saya penelitian bioremediasi di perusahaan-perusahaan minyak. download aja yang diperlukan. bentar lagi saya upload materi kuliah saya ada sebagian tentang bioremediasi minyak bumi. semoga sukses

  2. Assalmualaikum.

    ibu sumarsih, materinya ko tidak dapat di download ya bu?
    saya ingin menyusun TA (Tugas Akhir) tentang bioremediasi khususnya pada tumbuhan yang melakukan penyerapan dengan akar (rizofiltrasi) bagaimana menurut ibu?
    ada masukkan bu?

    • @Nadia Juli, dah saya cek bisa di download tuh, mungkin ie or mozillanya hrs ganti pakai versi yang baru ya

  3. assalamualaikum…

    bu saya mu TA tntg bioremidiasi untuk upaya pengendalian pencemaran air limbah… tp saya bingung bu.. ibu bs ngasih gambaran ga???

    makasih

    • @Nur Aziizah, eh kamu mhs UPN atau mhs mana sih. Klau mhs UPN langsung aja konsultasi dengan saya lewat email. tapi harus pasti dulu air limbah industri apa, dan bioremediasinya itu mau seperti apa, apa mau buat rancangan proses, apa mau buat treatment kalau rancangannya dah ada, atau mau bgmn?

  4. assalamualaikum

    bu.. saya mau TA ttg bioremediasi.. ibu bisa ngasih gambaran???

    makasih

  5. buat rancangan prosesnya

  6. Aslm… saya salah satu mahasiswa kimia Univ Islam negeri, dalam penelitian saya juga mengembangkan sistem bioremediasi tetapi saya memakai ganggang, kira tanggapan ibu gimana? n klo bisa minta tolong informasinya dimana saya bisa pesan isolat ganggang (spirulina sp). bls pls

    • @Haerul, Wass ww, apa yang mau dibioremediasi pakai ganggang? kan hrs klop dulu antara masalah yg mau ditangani dg kemampuan ganggang kan. Kalo sdr berlatar blkg ilmu biologi, Spirulina sp bisa isolasisendiri, kalo dari kimia mgp pakai ganggang ya bukan ngembangkan teknik scr kimia, atau pakai ganggang tp yg dipelajari kimianya?

  7. assalamu’alaikum.saya skrng ad matkul metode penelitian,saya pngnnya ambil penelitian tentang lingkungan,tp saya bingung mau ambil yg mana,dapatkah ibu memberikan saran atau masukan kpd saya??

    • @Ika, kamu mahasiswa mana?

  8. Assalamu’alaikum…

    saya mahasiswa dari UNTIRTA, saya ingin malakukan skripsi tentang bioremediasi, menurut ibu menggunakan metode apa ya yg murah?dan untuk bioremediasi tanah apakah harus kita melakukan analisis tanahnya?
    terima kasih……

    • @Syaifulloh, pelajari dulu tentang bioremediasi, kamu bisa pelajari materi dari saya sebagai bahan pustaka, kalau sdh paham baru bisa menentukan metode, kamu punya dosen pembimbing kan?

      • Blum ada bu, jadi masih dalam bentuk tugas dan nti slanjut na akan dijadikan proposal usulan penelitian, utnuk bioremediasi tanah sendiri biaya yg dibutuhkan termasuk mahal atau masih wajar?khususnya untuk biopile….
        dan untuk bioremediasi pada air, ada apa aja bu?
        terima kasih…..


Tinggalkan Balasan

Kategori

