Oleh: sumarsih07 | November 5, 2008

Budidaya Jamur

Tiram Kuning

Jamur Tiram Kuning

Beberapa jenis jamur Tiram seperti Tiram Putih (Pleurotus ostreatus), Tiram Merah (Pleurotus flabelatus), Tiram Kuning atau jenis jamur Tiram yang lain dapat dibudidayakan menggunakan berbagai media yang ketersediaannya berlimpah di Indonesia, seperti kayu gergajian, ampas tebu (bagas), jerami, sekam, dan bahan lain yang mengandung banyak lignoselulosa. Cara budidayanya dapat anda down load silahkan klik disinibudidaya-jamur-Tiram Untuk menambah pengetahuan tentang media tanam jamur dapat dibaca silahkan klik di: Tiram Putih  Melayani pelatihan pembuatan kultur murni, pembibitan, pembuatan baglog/blok media, budidaya dan pemesanan bibit yang dah jadi


Responses

  1. mbak baik sekali atensi mabak, tapi aku pingin brosurnya, aku download kok ga bisa, tolong mbak kirimi brosur/ cara yang detail…..
    oke mbak trim……………..

    • Coba lagi didownload, sudah saya cek bisa di download tuh brosurnya. OK

  2. hallo mbak,

    saya tetarik sekali dengan makalah mbak tetang jamur tiram, saya pernah beberapa tahun lalu melihat petani jamur ini di jawa barat secara sekilas.

    untuk mengisi hari hari kami setelah remigrasi ke tanah air, kami berencana mencari kesibukan seperti menjadi petani.
    mungkin ini adalah salah satu solutie.

    maka dengan ini kami mohon dengan hormat untuk informatie selengkapnya, seperti di mana kami bisa mendapatkan bibit jamur ini dan berapa lama masa panen serta berapa lama masa hidup jamur ini setelah masa panen.

    terima kasih.

    • Saya bisa bantu mendapatkan bibit jamur, alamatnya dimana? kalau dekat Yogya, kantor saya di Fak Pertanian UPN Yogya Jur Agotek, untuk lebih detilnya bisa lewat e-mail saya Sumarsih_03@yahoo.com

  3. Met mlm bu sumarsih, mau tanya apakah media2 yg ibu sebutkan tsb bnr2 bs digunakan scr efektif dn efisien,apakah sdh diujicobakan untk produksi masal?slma ini pembuat log didaerah kami hanya menggunakn media dr serbuk kayu albasia , karena…

  4. dgn serbuk kayu laen tidaklah efisien,apalagi untk jamur kuping yang lebih sulit dalam pertumbuhan miseliumnya. Pdhl didaerah kami sdh sgt jarang kayu sengon laut,dan hrs mendatangkan dr luar daerah shg harganya mjd sgt mahal..

    • Saudara ada di daerah mana?

  5. sgt mnarik skl bl ampas tebu bs digunakan sbg media tanam jamur kayu dan bs menghslkan jamur yg tdk kalah byknya dgn media serbuk kayu,smg hal itu bs dikembangkan lagi, trimakasih

    Salam dr Tri
    tsbd32@yahoo.co.id

    • Sebenarnya tidak harus kayu albasia, yang paling mudah ya cari kayu yang sejenis dengan kayu albasia sehingga kandungan kimianya hampir sama, tapi kalau dengan ampas tahu komposisinya jauh beda, ampas tahu hanya sebagai pengganti dedak tetapi itupun jumlahnya tidak bisa sama persis karena kandungan kimianya lebih kaya dedak, jadi kunci utama kalau mau mengganti media dengan bahan lain sebenarnya dengan mengetahui kandungan komposisi kimianya, tapi secara mudah bisa didekati dengan bahan yang sejenis, OK, untuk konsultasi bisa lewat e-mail saya ya

    • Ampas tebu (bagas) memang bisa digunakan untuk media pembiakan jamur, karena kandungan lignoselulosanya hampir serupa kayu dan kandungan kimianya lebih kaya dibandingkan kayu, dan hasilnya sangat bagus asal kita tahu komposisi bahan campurannya dengan tepat. Saya sudah mencobanya sendiri dalam penelitian saya. Juga bahan-bahan lain saya sudah mencoba.

  6. salam bu. sy mo nanya knp miselium mengalami stagnan. apa sebabnya. padahal sy sdh ngukus 10 jam. kontaminan gak ada. bibit bagus. help me…

    • tolong jelaskan medianya dibuat dari campuran apa saja?. apakah mirip dengan yang saya berikan komposisinya atau lain?, berapa banyak bibit yang dimasukkan ke media? memberi bibitnya apakah media sudah dingin? apakah inkubasinya kondisinya gelap atau terang? kalau bisa kirim fotonya lewat email saya ya.

  7. salam bu. komposisi media yang bagus untuk jamur tiram apa ya bu. apa media yang bagus itu perlu dikomposkan dulu 1 mlm. media yang sudah masuk plastik boleh di simpan berapa lama sebelum di sterilkan. kalau terlalu lama. akan berperngaruh apa pada media. tlng informasinya ya bu. mksh.

    • Komposisi media sudah saya tulis di makalah saya, bisa di download di situs ini. media jamur tiram tidak dikomposkan. media sebelum steril bisa disimpan beberapa hari, tetapi kalau terlalu lama, makin banyak jamur kontaminan yang tumbuh karena kondisinya kan sudah lembab, ngukus 10 jam itu suhunya berapa?, kalau terlalu lama disamping boros energi juga makin banyak unsur nutrisi terutama nitrogen yang hilang. lihat di tulisan saya tentang lama sterilisasi.

  8. salam bu. saya sudah download makalah ibu. saya akan coba komposisi yang ibu tulis. nanti saya kabari lg perkembangannya.

  9. salam bu. saya pake 4 kg kapur pertanian/dolomit dalam 100 kg serbuk. apakah ini berpengaruh. apa perbedaan dolomit dg kapur gamping.

    • Untuk Mbak or Bu Riza, dolomit ada Magnesiumnya, sebenarnya tidak apa, tapi kalau media yang saya buat komposisinya mengandung sulfat dari gips, itu bedanya. asalkan steril tiga hari tidak apa bu, selamat mencoba

  10. salam bu. hari senin saya kukus, selasa masih panas, rabu keluarkan. hari kamis masukin bibit. apakah waktunya terlalu lambat untuk inokulasi karena hari ke 3 baru masukin bibit.

  11. kalau jamur portabela apakah sama media tanamnya dengan jamur tiram? di mana saya bisa mendapat referensinya? terima kasih sebelumnya.

  12. salam bu. saya ada mendengar bahwa bibit jamur itu ada yang dari liquid/cairan. apakah cairan yang di maksud tersebut adalah PDA. kalau PDA. saya paham. tapi kalu betul2 berupa cairan saya baru mendengarnya. biasanya sy mendengar F0 dibiakan di PDA. tolong penjelasannya bu. makasih.

    • PDA singkatan dari Potato Dextrose Agar, karena ada agar-agar nya maka setelah dingin menjadi padat. Jadi kalau ingin media cair, bisa saja, karena jamur bisa juga tumbuh pada media cair, ya cara buatnya tidak diberi agar-agar dengan komponen lainnya komposisinya sama.

  13. Saat ini saya sedang belajar budidaya jamur tiram. Saya ingin bertanya, bagaimana cara agar jamur tiram yang telah dipanen dapat bertahan lama??

    Saat ini produksi saya masih sedikit, sehingga jamur yang sudah di panen tidak dapat langsung di jual. Saat ini cara yang saya lakukan untuk mengawetkannya hanya dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik kiloan dan menyimpannya di dalam kulkas. Dengan cara tersebut jamur hanya dapat bertahan sekitar 3 hari, lebih dari itu jamur sudah menguning.

    Saya mendengar bahwa, jika jamur di simpan dalam kemasan kertas film dapat bertahan lebih lama, namun saya dapat literaturnya …

    mohon pencerahannya bu….

    • Yang paling awet adalah dikeringkan dengan suhu rendah, cara lain adalah dibuat olahan dalam bentuk kemasan dalam cairan. kalau produksi sedikit

  14. sy sdh bc artikel mbak mengenai jamur tiram, tp karena sy pemula sy gak ngerti istilah2 kimia yg mbak tulis, dan dimana sy bisa mendapatkan semua istilah kimia tersebut

    • bahan kimia bisa diperoleh di toko bahan kimia. bahan itu hanya untuk pembuat bibit yang akan memurnikan bibit jamurnya. kalo pemula tidak harus buat bibit sendiri, pakai aja bibit yang udah jadi

  15. bu..
    jamur saya kuning kenapa ya?
    jamur saya ada hama, berupa kumbang kecil2, bagaimana cara mengusirnya (bukan membasmi) atau mungkin di jebak saja?
    terimakasih.

    • paling mudah hama jamur tiram yang bisa terbang bisa dijebak dengan lampu

  16. Artikel ibu tentang budidaya jamur tiram membuat saya tertaarik. Sebagai petani pemula, tentunya saya memerlukan banyak lagi materi dan praktek. Bisakah ibu menunjukkan tempat2 dmana ada pelatihan tentang budidaya jamur tiram ? atas infonya, sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih.

    • Alamat dimana? kalau di Yogya dan sekitarnya bisa saya latih sendiri

      • Dear Bu Sumarsih,

        Saya tertarik denan pengembangan jamur ini. Saya tinggal di jakarta. Saya berminat untuk mengikuti latihan jamur ini. Apakah saya bisa ikuti pelatihan ibu di yogya. Jika bisa kira-kira kapan dan dimana saya bisa menghubungi ibu?

        Terima kasih banyak sebelumnya bu.

        Desy

      • pelatihan jamur akan diumumkan jadwalnya sekitar awal Desember, dicek aja besok

  17. Saya dari banjarmasin mau mencoba budidaya jamur berapa harga bibitnya trimakasih

    • Bibit jamur yang dah jadi tinggal pakai sangat murah, kalau dikirim ke Kalimantan yang mahal ongkosnya, tapi bisa saya bantu

  18. bagaimana sih saya bisa mendapatkan bibit jamur tiram,tlg bantuannya.saya d sekayu muba

    • Pak Abdurahman tolong tuliskan di blog ini alamatnya dan nomor telp yang bisa dihubungi, besok bapak akan dihubungi balik untuk teknis mendapatkan bibit jamurnya

  19. No hp ibu apa ada karena adik saya kebetulan lg diyogya trims

  20. berapa lama jamur tiram bisa bertahan pasca panen dan masuk kulkas???minta info distributor jamur tiram di daerah smg?

  21. Salam bu Sumarsih,.. saya dari bandung, saya sudah hampir membaca semua artikel yg ibu buat, tetapi saya msh kurang paham karena mungkin tidak secara langsung dgn prakteknya. Sekarang ini saya sangat tertarik sekali dgn pembudidayaan jamur ini. Meskipun saya jauh dari bandung tapi saya ingin sekali ikut pelatihan jamur yang akan ibu selenggarakan. Andaikan tdk ada halangan Insya Alloh sy akan dtng ke jogja. Oya bu,.. mohon pengumumannya diberitahukan paling lambat seminggu sebelum hari H pelatihan dimulai supaya saya ada persiapan. Terima Kasih.

    • Pengumuman pelatihan jamur kira-kira minggu pertama Desember setelah saya pulang dari Bali. Terimakasih atensinya.

  22. Bu Sumarsih Yth,
    Bagaimana cara mendapatkan bimbingan jarak jauh dari ibu ( menurutnya sih ada VCD nya), juga bibitnya mohon penjelasan, trims.

    • Bimbingan jarak jauh bisa lewat email atau blog ini, dengan cara download tulisan saya, pelajari secara mandiri, kalau perlu praktek ya dipraktekkan, apabila ada yang kurang jelas bisa tanya jawab lewat blog ini atau email, VCD kalo dah siap saya umumkan. Bibit bisa dikirim, saya dikasih nama dan alamat kirim lengkap n no telp n bibit jenis apa yang diinginkan.OK.

  23. dimana ya untuk dapetin benih jamur tiram dilampung?

    • Pak Nawawi dah saya balas lewat email bapak

  24. bu sri saya petani jamur merang tetapi hasil tak pernah maksimal mohon ibu membantu teknologinya,

    • permasalahan jamur merang seperti apa tolong dijelaskan, apabila perlu bisa kirim lewat email saya, saya berusaha bantu semampu saya, tolong saya diberi nama alamat lengkap dan nomor HP kirim lewat email

  25. salam bu. saya dah download brosurnya terima kasih. maaf bu, Apa bu sumarsih juga melayani baglog siap tumbuh ? Saya boleh tahu soal bibit F4 (dalam baglog) jamur yang dijual ? berapa beratnya ? jenis jamur tiram putih/coklat/kelabu? berapa % miselium yang dah tumbuh? ada garansi jika rusak/tidak tumbuh ? jika untuk percobaan dulu -krn sy tinggal di tempat yg panasss-boleh pesan dalam juml sedikit dulu bu ? berapa harga nya ? maaf bu kalo bisa jawaban bisa kirim via email juga. terima kasih. Yusuf-Kaltim

    • apabila menghendaki dikirim bibit jamur atau baglog yang sudah jadi, mohon kami diberi no telp nama dan alamat kirim, biar staf kami menghub utk teknis pengiriman. Kirim lewat email saya Sumarsih_03@yahoo.com

  26. aslm…bu kalau jamurnya layu bentuknya jd agak kuning dan basah itu penyebebnya apa ya bu???gmana tehnis penyiraman log yang sedang produksi??tlng segera vcd panduan budidaya jamur tiramnya di selesaikan yabu.saya pesan.sekalian cara bikin bibitnya juga.terimakasih..
    arifin Musi Rawas Sumsel

    • P Arifin. Penyemprotan air sebenarnya ditujukan untuk memberi kelembaban pada udara sekitar log agar badan buah cepat mekar, tapi kalau dah mekar penyemprotan dikurangi agar badan buah tidak busuk.

  27. saya suka sekali dengan jamur dan saya ingin membudidayakan untuk konsumsi sendiri dan memanfaatkan peluang ekonomisnya,

    • Saudara dari Unsri?, memang peluang ekonomi jamur konsumsi sangat menjanjikan

  28. bu sumarsih yang saya hormati..bolehkah saya minta alamat lengkap ibu..atau nomor hp ibu..karena saya kepingin sekali ikut pelatihan jamur ditempat ibu.terimakasih..

    • Hub aja lewat email saya Sumarsih_03@yahoo.com, pelatihan barusan tgl 27 Des09, yang awal januari peserta udah fix, jadi ndaftar aja utk ikut awal Februari

  29. Ibuk sumarsih mhn info kalo di salatiga dimana ya saya bisa dpt bibit jmr tiram yg sudah jadi. Sy brminat untk mencoba.kalau ke jogja kok jauh, mhn infonya,
    Terima kasih
    Dri
    Tyan.sety4(at)gmail.com

    • bisa kasih nama n alamat lengkap serta no hp anda lewat email saya, bibit bisa dikirim

  30. Yth. Ubu Sumiarsih,
    Saya tinggal di Sidoarjo-Jatim, mohon info pelaksanaan trainingnya kapan ? prosedurnya bagaimana ?
    Terima kasih atas penjelasaanya.

    Suwito
    081_23107553
    e_mail : zuwito@yahoo.com

    • Pelatihan Desember sudah berlangsung, yang awal januari peserta dah fix, tapi saya buka lagi pendaftaran untuk awal februari, besok saya kirimi formulir dan brosurnya.

  31. Yth. Ibu Sumarsih.
    Saya sangat tertarik untuk mengembangkan usaha jamur tiram, untuk itu saya telah menyewa lahan di daerah Trawas Mojokerto Jawa Timur. Rencana saya saya untuk tahap ini saya akan mengembangkan jamur tiram dengan 5000 baglog. Pertanyaan saya Ibu :
    1. Dimanakah saya untuk mendapatkan baglog yg dekat dengan lokasi usaha saya?.
    2. Berapa gramkah rata2 jamur yang dihasilkan pada setiap baglog untuk setiap siklus?
    3. berapa harga setiap baglognya
    Terimakasih Ibu atas bantunnya

    • @Pak Fitri Hadi, untuk daerah malang dan sekitar buka blog permimalang.wordpress.com. ada alamat penyedia baglog. Kami bisa juga kirim ke bapak baglog, mohon kami diberi alamat lengkap bapak dan nomor telp lewat email Sumarsih_03@yahoo.com. Harga dan teknis pengiriman akan diurus staf kami. Panen ekonomis minimal 30% berat baglog karena berat baglog bervariasi.

  32. saya ingin mengajarkan budidaya jamur di SMA sebagai muatan lokal. Saya berkunjung ke tempat Anda untuk mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya. Tolong beri alamat dan nomor telepon yang dapat saya hubungi. Terima kasih.

    • @Pak Khoiril Anwar bisa datang ke kantor saya di Laboratorium Biologi Tanah Jurusan Agroteknologi Fak. Pertanian UPN”Veteran” Yogyakarta, Jl Ring Road Utara Condong Catur Sleman Yogyakarta, membicarakan segala sesuatunya apabila budidaya jamur mau dijadikan mulok di SMA bapak, tetapi janjian dulu lewat email Sumarsih_03@yahoo.com

  33. Yth. Mbak Sumarsih
    Dapatkah saya diberikan brosur2 tentang budi daya jamur. Terimakasih sebelumnya

    • @Pak Fitri Hadi, brosur budidaya jamur dapat di download dari blog ini, di tulisan saya tentang jamur ada perintah download di klik aja di tulisan budidaya jamur, nanti akan muncul brosurnya lengkap, selamat mencoba

  34. kapan mulai ada pelatihan budidaya jamur tiram .aku mau ikut mendaftar

  35. asslm…
    maaf mbak, saya mw tanya info pelatihan lagi selain bulan desember kapan yak bu?
    makasih bwt infonya…:)

    • @Sdr Rino dan Suwoto, pelatihan jamur januari sudah berlangsung, terdekat bisa ikut awal februari atau awal maret, nanti tak kirim form dan brosur lewat email

      • otree…tengkiyu bwt infonya mbak.saya tunggu…:)

      • @Sdr Rino, formulir dan brosur dah tak kirim ke bemsy_exe@yahoo.co.id, buka aja ya

  36. salam kenal :
    buat mba + bapak2 pengasuh blog ini, saya tertarik dngn artikel2nya, tp ga bisa tuk downloadnya kalau lewat ziddu ……… tolong ya link downloadnya yg lewat INDOWEBSTER.com …………. biar mudah tuk downloadnya maklum kita di kampung yg menggunakan pasilitas internet yg kecepatannya kurang memadai …. atas tanggapannya saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf bila salah kata …….

    • @Nicko, nanti saya perbaiki, tp coba kalo bukanya lewat mozilla atau i-explorer yang baru, mungkin bisa lebih cepat di tempat anda

  37. Numpang tny,ada tmn sy yg pny kebun jamur tiram di ciawi puncak,sy mau ikutan bisnis jamur tiram tsb,sy mau tny
    1.bibit jamur tiram yg kualitas bagus beli dimana?trus hrgnya brp duit?diitung dgn bgmn?
    2.Baglognya beli dimana?hrgnya brp?trus komposisinya apa?1 baglog bs utk brp bln panen jamur?
    3.Dimana beli mesin pengering jamur?hrgnya brp?
    Mohon bantuannya.trima kasih

    • Bibit yang bagus yang saya tahu yang telah tersertifikasi, atau bibit bersertifikat. hpp bibit dan baglog murah , tapi yang mahal transportnya, jadi beli aja yang di dekat situ, nah teman anda beli dari mana? komposisi, dll download dari tulisan saya di blog ini, pengering untuk apa dulu macamnya? peralatan dan hitung hitungan diajarkan di pelatihan yang kami adakan.

  38. salam kenal bu, saya LEO dari riau. baru mulai budidaya jamur tiram. saya mau tanya utk adonan
    100 kg serbuk gergaji
    20 kg dedak
    5 kg kapur
    3 kg dolomit
    2 kg gips
    apakah sudah benar adonan saya?
    apakah pengaruhnya jika kebanyakan kapur?

    apakah ibu ada jual bibit?berapa hrgnya? medianya biji2an atau serbuk kayu?
    kalau log putih F4 brp hrg perlog? kira2 ongkir sampai ke pekanbaru-riau brp ya?
    tlg dibls dan trims
    Leo hp.0812 6812 5959

    • @Sdr.Leo. komposisi media tanam bisa download dari tulisan saya di budidaya jamur. harga bibit dan log biar dihub staf saya

  39. SIang Bu Sumarsih,saya tinggal di klaten saya tertarik budidaya jamur tiram,apakah ibu setiap hari buka untuk penyuluhan budidaya jamur tiram,saya ingin sekali mendapatkan penyuluhan dan ingin segera memulai usaha tersebut,terimakasih sekali bila ibu sudi membalas ini di alamat email saya,terimakasih

    • @srilestari, rencana pelatihan jamur tanggal 10 Maret 2010. Tapi saya belum sempat ngumumkan di blog. Formulir dan brosur bisa didownload di blog ini.

  40. Dear Bu,

    klo mau budidaya jamur kira2 butuh modal berapa ya bu mulai dr tempat dan pembibitannya?saya mau ikut nanti pelatihan yg tanggal 6 maret 10 di upn jogja…

    thankyou,

    erlina

    • @Erlina, besok sabtu bisa kita diskusikan panjang lebar saat pelatihan jamur ya

  41. bu tolong di upload video tentang tahapan2x teknis budidaya jamur dari awal sampai panen

    • @Ujang. anda bisa dapatkan video apabila ikut paket pelatihan jamur jarak jauh

      • Ketentuan kami seperti itu, apabila anda tidak setuju dengan ketentuan kami, anda bebas mencari informasi dari orang lain.

  42. bu saya arbain di bpn
    saya minta di bantu mengenai cara kursus jarak jauh dan berapa biayanya

    • @arbain, pelatihan jarak jauh sy bls lewat email ya

  43. assalamu’alaikum bu sri. waktu pelatihan sy bawa bibit dari padi. sedangkan bbt yg biasa sy pakai dari jagung. sy udah coba buat bbt dari padi. tapi gak berhasil. sy coba lagi dari jagung tetap gak jadi. sy bingung. tolong ibu balas via email saya. sy minta step by step lagi dari pemilihan bahan media, komposisi, dan cara kerja. . tolong ya bu. sy tunggu balasan dari ibu. terimakasih.

    • @ Riza, akan saya jelaskan lagi lewat email bu

  44. bwt pemasaran di daerah sariate lembang
    kpda siapa y?
    mhn bantuanya

  45. Bu Sumarsih, alamat ibu di Yogyakarta tepatnya dimana ya, saya ingin membeli bibit jamur f4 nya.

    • @Surya. Untuk pembelian bibit silahkan hubungi staf

  46. Ibu Sumarsih Yth, saya lg mencari informasi ttg budidaya jamur dg sgl sesuatunya. Tp tuk awalnya saya ingin kosentrasi ke pembesaran aja dulu cm yg mjd msalah adalah iklim di daerah tempat saya tinggal sangat panas tepatnya di daerah PANTURA TEGAL, bs ga yaa ? Saya mhn pencerahannya, dan klo mo ikut pelatihan gimana ? Tolong klo bs lwt email : mas4ll4m@gmail.com Makasih sebelumnya …

    • @masalam, kirim email ke saya sy beri info
      @ade mulki, email sdh sy bls

  47. salam bu,bu saya dari sulawesi utara, apakah ibu buka pelatihan jamur tiram.boleh minta alamat dan nomor hp ibu…

    • @hendri, kontak saya Sumarsih_03@yahoo.com. info pelatihan baca saja di halaman depan blok ini

      • bu saya sdh lihat brosur pelatihan,apakah pelatihannya diadakan setiap bulan…mohon informasihnya…..terimakasih.

        emai….hendri.roring@gmail.com

      • @Hendri, kalau pelatihan jarak jauh bisa setiap saat

  48. bu,kalau dalam waktu dekat ada pelatihan nga,,,

  49. Yth.Ibu Sumarsih….
    Saya tertarik sekali dengan budidaya jamur tiram….
    bagaimana caranya untuk bisa membuat jamur tiram warna warni….apakah melalui suatu proses atau bibit khusus…..
    Mohon informasinya..Terimakasih
    Agfie

    • @Agfie, jamur Tiram warna-warni itu pemberian Allah swt, ya seperti sdr tahu pada beras kan ada beras merah beras putih beras hitam kan juga pemberian Yang Maha Kuasa kan, kita tinggal menggunakan jenis2 yang berwarna warni tersebut, lihat warna warni jenis jamur tersebut dan keterangan lengkap di buku saya.

  50. bu g mana ada pelatihan dalam waktu dekat ini,….trimakasih ..

    • @Hendri, sampai saat ini sy cm melayani pelatihan jarak jauh, pelatihan model lain besok saya umumkan kalo sdh dekat, skrg efek letusan merapi juga berimbas di sebag besar ukm jamur binaan kami, jadi mohon maaf kalau jadwal pelatihan mundur, karena kami saat ini baru fokus penanganan korban merapi, mudah2an situasi segera membaik, amiin

      • ya semoga bencana segera berlalu…amin bu kalau ada pelatihan mohon hub di email say…….trimakasih…email hendri.roring@gmail.com

  51. Salam sukses bu… sy petani jamur tiram juga dah 7 th kami menggeluti usaha ini, alhasil alhamdulillah dpt memenuhi keluarga, yg paling pokok diusaha ini adalah bibit bagus, stelisasi cukup, dan sdm jujur, disiplin pasti membuahkan hasil. pemasaran mudah sekali pokoknya setiap pedagang sayuran pasti butuh jamur atau langsung ke konsumen dgn sdikit trik pasti laku. slamat mencoba bagi pemula salam sukses selalu. Slmat i’dul Adha 1431 H. Elan Biotech Mushroom Mitra Sejahtera. 085959923736. Lido-Bogor Jabar.

  52. saya mau nanya bu,kapan lagi ada pelatihan jamur dan pembuatan baglognya trutama jamur kuping di jogja?kebetulan saya dipasrahi oleh teman2 di daerah sawangan muntilan untuk budidaya jamur kuping disana.mereka mencari alternatif usaha pertanian setelah terimbas abu merapi.mohon bantuannya,terimakasih.

  53. Bu Asih yang baik,

    saya ibu rumah tangga yg msh awam tentang budidaya jamur,tp krn kami sekeluarga gemar mengkonsumsi jamur maka sy mencoba membeli bibit dan membudidayakan sendiri.
    masalahnya bilik yg kami pakai u/ 100 baglog hanya berukuran 1,1 x 2,1 m
    dg ventilasi 4 x (7×25 cm) tanpa ada pencahayaan samasekali, apakah cukup memadai?
    untuk manjaga kelembapan kami menyiram lantai (plesteran) hingga air tergenang, sampai air tsb kering baru kami menyiram lagi, dlm sehari kami melakukannya 3 kali, apakah u/ cuaca panas di surabaya sdh cukup?

    kami menunggu saran dr ibu, terima kasih.

    • @Niken, Bilik ukuran segitu bisa muat baglog lbh banyak kalodibuat sistem rak ke atas. Yang bermasalah adalah pencahayaannya, setelah miselium jamur tumbuh lebat, maka utk tumbuh badan buah jamur yg dipanen harus diinduksi adanya cahaya. Ibu bisa membaca syarat lengkap ruang yg digunakan utk menumbuhkan jamur di buku saya, ok!

  54. Saya dulu 2003 – 2004 usaha jamur tiram dan kuping di Muntilan, namun sekarang tidak, karna mencari bahan baku gergaji sulitnya bukan main? akhirnya cost tenaga kerja tidak cucuk dengan hasil? jamur tiram dan kuping aku tinggalkan begitu saja tanpa kenangan indah? jika media bisa digantikan dengan sekam atau apa yang ada disekitar, pasti menarik? wassalam, P Kardjo, Muntilan

  55. Mbak saya mau tanya berapa lama media jamur dapat bertahan??


Tinggalkan Balasan

Kategori

