Oleh: sumarsih07 | Januari 3, 2008

Biofertilizer, Bioaktivator Kompos, Biopestisida Mikroba

Mikroba seperti bakteri dan jamur dapat dimanfaatkan sebagai Biofertilizer pengganti pupuk kimia dan Bioaktivator kompos untuk mempercepat pembuatan kompos, bahkan virus pun dapat dimanfaatkan sebagai biopestisida mikroba untuk menggantikan pestisida kimia yang banyak membahayakan bagi lingkungan dan kesehatan manusia


Tanggapan

  1. artikelnya menarik salam lestari dan sejahterakan petani

    mukidi

    • @Mukidi, OK ada usul materi apa yang harus saya upload lagi?

      • @sumarsih: Kenapa anda tidak menjelaskan fungsi dan Dampak dari penggunaan produk tersebut???

      • @Derry, memang disitu hanya outline, penjelasannya saya berikan saat saya memberi kuliah kepada mahasiswa saya, karena memang bahan tersebut saya tujukan untuk mahasiswa saya di UPN “Veteran” Yogyakarta

  2. Terima kasih artikelnya sangat menarik dan bagus serta mudah di download semoga banyak lagi artikel2 yang membuka misteri alam khusnya NKRI sehingga kita dapat sejahtera aman dan damai, mungkin dapat dimuat artikel lain diantaranya mengenai sellulosa yang sangat banyak di Negri ini, Sellulose sumber enrgy yang terurai menjadi Glukose Tnx

    • @Aburaera, saya sekarang memang baru mengembangkan teknologi mikroba untuk mengolah senyawa selullosa menjadi berbagai senyawa lain yang bermanfaat. Yah itu memang tugas saya sbg peneliti di perguruan tinggi. Kalau hasilnya baik, maka saya sebarkan ilmu saya itu ke masyarakat

  3. kurang jelas, soal bioaktivator,biofertilizer!hanya artia sinonim doang! maksudku dari bahan apa dan gmn buatnya? Rahasia ya?

    • @H.Soekardjo, ya itu memang outline utk kuliah mahasiswa saya, penjelasannya scr detail didapat saat mengikuti kuliah saya, jadi tidak rahasia, apa mau jd mahasiswa saya…?. Utk masyarakat umum, saya sdh mulai memperkenalkan teknologi pembuatannya yg sederhana2 dulu terutama bagi yang sangat membutuhkan utk menyuburkan kembali tanah, saya mulai untuk proses penyuburan kembali tanah yg kena erupsi Merapi, dan hasilnya alhamdulillah sangat bagus. Saya seorang akademisi dan peneliti jadi stlh saya publikasi secara ilmiah baru akan saya publikasi untuk umum, bahasanya jg diganti bahasa utk umum. Jadi yg sy publikasi bukan sensasi tetapi telah dibuktikan scr ilmiah, jd bkn masalah rahasia atau tidak.

      • Terimakasih, tepat sekali kalau menyebut untuk menyuburkan tanah yang kena erupsi merapi, Saya tinggal di leremng Merapi, Ds Kwilet, Kec. Dukun, Muntilan, 12 km dari Merapi.Bisa minta formulanya untuk buat Bioaktovator atau Biofertileser? agar aku bisa bertani organik yang murah dan panen lebih banyak? perlu diketahui udah 10 tahun aku menekuni pertanian organik. 1kesuk/petaki/0,1ha baru 6 kwintal gabah kering disawah? maksudku untuk ningkatkan hasil syukur bisa 1ton/petak/kesuk? wassalam

  4. Ya, kalau bisa 1 ton, 1 petak kan lumayan, petani bisa terangkat dari kemiskinannya.Apalagi memasuki bulan april, harga-harga akan naik akibat listrik dan BBM. Petani dan orang kecil yang akan sussah! jadi ijinkan aku minta formula Bioaktivator dann Biofertiliser, untuk kompos dan pupuk cair organik? semoga bisa dan merelakannya! Wassalam, P Kardjo, Muntilan.


Tinggalkan komentar

Kategori